Sabtu, 04 Maret 2017

RPP Tema 1 Sub Tema 1 Kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan   : 
Kelas / Semester        :  4 /1
Tema                          :  Indahnya Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema                  :  Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu           :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR   DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3     Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4     Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan Masyarakat.
§  Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
§  Menjelaskan ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
§  Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.

IPS
3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
§  Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.

Seni Budaya dan Prakarya
3.3   Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak tangan.
4.5   Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada.
§  Menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.

Bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
§  Mengolah informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.

C.    TUJUAN
1.      Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2.      Setelah membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta pikiran dengan benar.
3.      Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan dengan benar.
4.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang sesuai.

D.    MATERI
1.      Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu “Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
2.      Teks “Mengenal Suku Minang”.
3.      Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
§  Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
§  Siswa diberi kesempatan membuat pertanyaan berdasarkan peta budaya yang mereka amati. Pertanyaan yang dibuat ditempel di papan tulis, kemudian didiskusikan secara klasikal.
§  Selain melihat peta budaya, siswa juga dapat menonton video tentang keberagaman budaya Indonesia, mendatangkan narasumber atau membaca buku dari perpustakaan.
§  Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 4)
§  Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
§  Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
§  Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di bagian penilaian)
§  Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya. Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
§  Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
§  Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
−− Dari manakah asal daerah kalian?
−− Apakah ciri khas daerah asalmu?
§  Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
§  Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
§  Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman. (Penilaian no. 2)
§  Setelah melakukan kegiatan di atas, ajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.
§  Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
§  Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no. 3)
§  Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
§  Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak Indonesia” dalam kelompoknya.
§  Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.
§  Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
§  Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi anak Indonesia.
§  Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa bangga menjadi anak Indonesia.
§  Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
§  Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
§  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
150 menit



Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya bangsa. Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia. Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, menonton televisi, atau membaca buku.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa dapat mencari tambahan informasi tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber, atau majalah.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami
peta pikiran. Kegiatan ini dapat dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1.      Beri siswa peta pikiran kosong.
2.      Mintalah siswa menuliskan topik yang akan dibahas di lingkaran tengah.
3.      Bimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
·         Video/slide/gambar tentang Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.

H.    PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.





















·

Mengetahui
Kepala MIN Karangjati



Siti Marwiyah,S,Ag,M.Pd.I
NIP. 197303221994032001
…………………, ............... 20....
Guru Kelas 4  ,



Rohmawati
NIP.197809201998032001






0 komentar:

Posting Komentar