RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 4 /1
Tema : Indahnya
Kebersamaan (Tema 1)
Sub Tema : Keberagaman Budaya Bangsaku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman
di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku
bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara
adat), social ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah
dan masyarakat sekitar.
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan Masyarakat.
§ Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan.
§ Menjelaskan
ciri khas suku Minang dalam bentuk peta pikiran.
§ Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia.
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi
dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika
interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
§ Menjelaskan
sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan.
Seni
Budaya dan Prakarya
3.3
Membedakan panjang-pendek bunyi, dan tinggi-rendah nada dengan gerak
tangan.
4.5
Menyanyikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi
rendah nada.
§ Menyanyikan
lagu “Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai.
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosa kata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
§ Mengolah
informasi dari teks “Mengenal Suku Minang” dalam bentuk peta pikiran.
C. TUJUAN
1. Setelah
mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang
ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar.
2. Setelah
membaca teks “Mengenal Suku Minang”, siswa mampu mengolah informasi dalam
bentuk peta pikiran dengan benar.
3. Setelah
mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam
bentuk tulisan dengan benar.
4. Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan menjadi anak Indonesia dengan benar.
5. Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah notasi yang
sesuai.
D. MATERI
1.
Peta budaya (ada di buku siswa), teks lagu
“Aku Anak Indonesia”, perbedaan pakaian
adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
2.
Teks
“Mengenal Suku Minang”.
3. Ciri
khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi
(bangunan, pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian
1-9. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu
yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis
anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
§
Siswa mengamati peta budaya perbedaan pakaian
adat, rumah adat, tarian adat, dan alat music tradisional.
§ Siswa diberi kesempatan membuat pertanyaan berdasarkan
peta budaya yang mereka amati. Pertanyaan yang dibuat ditempel di papan
tulis, kemudian didiskusikan secara klasikal.
§ Selain melihat peta budaya, siswa juga dapat menonton
video tentang keberagaman budaya Indonesia, mendatangkan narasumber atau
membaca buku dari perpustakaan.
§ Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok (satu
kelompok terdiri atas 5 siswa). (Penilaian no. 4)
§ Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
§ Siswa membaca teks “Mengenal Suku Minang”.
§ Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya
dan menuliskannya dalam bentuk peta pikiran. (Penilaian no. 1, lihat di
bagian penilaian)
§ Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya.
Guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
§ Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa
secara individu menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
§ Untuk menggiring siswa pada pelajaran selanjutnya, guru
secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut.
−− Dari manakah asal daerah kalian?
−− Apakah ciri khas daerah asalmu?
§ Siswa mencari asal-usul daerah teman-temannya di kelas
melalui kegiatan bertanya-jawab tentang suku, agama, dan ciri khas daerah
masing-masing. Ciri khas daerah dapat dilihat dari berbagai sisi (bangunan,
pakaian, rumah adat, bahasa, upacara adat, dan lain-lain).
§ Siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara. Guru
membantu siswa dengan mengajukan pertanyaan yang ada pada buku siswa.
§ Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
§ Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan
keberagaman. (Penilaian no. 2)
§ Setelah melakukan kegiatan di atas, ajak siswa untuk
meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia melalui kegiatan
bernyanyi.
§ Guru menunjukkan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai
dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada.
§ Siswa bernyanyi bersama. (Penilaian no. 3)
§ Guru memberikan perhatian kepada mereka yang belum bisa
menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
§ Siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “Aku Anak
Indonesia” dalam kelompoknya.
§ Setiap kelompok melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memiliki
kebanggaan menjadi anak Indonesia.
§ Semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga
menjadi anak Indonesia.
§ Siswa juga menuliskan perilaku yang menunjukkan rasa
bangga menjadi anak Indonesia.
§ Siswa menunjukkan tulisannya kepada seorang teman.
§ Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku
siswa.
§ Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
perenungan di halaman 150.
|
150 menit
|
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran
hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang
mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya. Guru
menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghargai keberagaman budaya
bangsa. Siswa mencari informasi lain tentang keberagaman budaya Indonesia.
Siswa dapat bertanya kepada orang tua atau orang di sekitar, menonton
televisi, atau membaca buku.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
Siswa dapat mencari tambahan
informasi tentang keberagaman di Indonesia melalui internet, koran, narasumber, atau
majalah.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada
siswa yang masih memiliki kesulitan dalam memahami
peta pikiran. Kegiatan ini dapat
dilakukan secara kelompok atau individu selama 30 menit.
Berikut langkah-langkah yang dapat
dilakukan.
1.
Beri siswa peta pikiran kosong.
2.
Mintalah siswa menuliskan topik yang akan dibahas
di lingkaran tengah.
3.
Bimbing siswa untuk membahas subtopik di setiap
lingkaran dengan mengajukan pertanyaan pengarah.
|
15 menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1
Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Cetakan Ke-2, 2014 (Edisi Revisi)).
·
Buku Pengembangan Diri
Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi
Hidup:
·
Video/slide/gambar tentang
Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia.
H. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan
dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan
kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
·
Mengetahui
Kepala MIN Karangjati
Siti Marwiyah,S,Ag,M.Pd.I
NIP.
197303221994032001
|
…………………, ............... 20....
Guru Kelas 4 ,
Rohmawati
NIP.197809201998032001
|
0 komentar:
Posting Komentar